header-int

Sosialisasi Penyusunan RPJMD Teknokratis Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 - 2023

Kamis, 31 Agu 2017, 07:49:20 WIB - 183 View
Share
Sosialisasi Penyusunan RPJMD Teknokratis Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 - 2023

BAPPEDA PAMEKASAN tidak henti-hentinya melakukan terobosan untuk terus menggali potensi unggul dalam lingkungan Kabupaten Pamekasan, kali ini dengan menggandeng Kasubdit Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bina Pembangunan Daerah "Drs. Bob F Sagala, M.Si" TIM Perencanaan Bappeda bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pamekasan mengadakan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi dalam rangkat penyusunan RPJMD Teknokratis Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 - 2023.

Kepala Bappeda Kabupaten Pamekasan Ir. MOH. ZAINAL ARIFIN, S.Sos, M.Si Menjelaskan bahwa sesuai Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah menyatakan bahwa perencanaan pembangunan daerah disusun menggunakan 4 (empat) pendekatan yakni : Teknokratis, Partisipatif, Politik, serta top-down dan bottom-up. Menurutnya bahwa pada rancangan teknokratik.


Menurut Drs. Bob F Sagala, M.Si", sesuai amanat Pasal 76, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, menyatakan bahwa Peraturan Daerah tentang RPJMD Provinsi dan Peraturan Daerah tentang RPJMD Kabupaten/kota ditetapkan paling lama (enam) bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik.Oleh karena itu untuk memberikan waktu yang cukup bagi seluruh SKPD dalam mengkompilasi data dan analisis secara ilmiah terhadap kondisi dan potensi daerah, permasalah serta isu-isu strategis yang dihadapi 5(lima) tahun kedepan, maka BAPPEDA mengambil langkah persiapan lebih awal dengan pendekatan teknokratis.


Bahwa saat ini Bappeda Pamekasan sangat fokus dalam penyusunan rancagan teknokratik RPJMD 2018 - 2023 mengingat ketentuan yang mengharuskan konsistensi antara dokumen jangka panjang (RPJPD), dokumen jangka menengah (RPJMD), Renstra SKPD, RKPD, KUA-PPAS hingga menjadi APBD. dengan demikian diharapkan produk perencanaan sampa penggaran semakin berkualitas, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan terutama dalam mengantisipasi audit kinerja yang diawali dari audit perencanaan.

bagi OPD yang belum mendapat materi kemarin, silahkan download disini

Unidha
© 2017 Bappeda Kabupaten Pamekasan Bappeda Kabupaten Pamekasan : Facebook Twitter Linked Youtube