header-int

Terima Kasih OPD

Kamis, 18 Mei 2017, 08:23:35 WIB - 37 View
Share
Terima Kasih OPD

Bappeda Pamekasan mengapresiasi kepada seluruh Operator Organisasi Perangkat Daerah yang telah membantu memanfaatkan aplikasi e-Musrenbang dan e-Planning sebagai dasar penyusunan RKPD Tahun 2018. Seperti yang kita ketahui bersama Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) disusun berdasarkan usulan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Renaja Kerja (Renja) OPD.

Penyusunan RKPD dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu penyusunan rancangan awal RKPD, rancangan RKPD, rancangan akhir RKPD dan penetapan RKPD dengan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, bottom-up dan top-down. Pendekatan teknokratik dilakukan dengan menggunakan metode dan kerangka berfiki ilmiah oleh lembaga atau satuan kerja yang secara fungsional bertugas untuk menyusun perencanaan pendapatan, perencanaan belanja dan perencanaan pembiayaan, termasuk melalui proses konsultasi dengan para pakar. Proses partisipatif dilakukan dengan mengikutsertakan seluruh pemangku kepentingan pembangunan antara lain melalui mekanisme Musrenbang. Proses bottom-up dilakukan seara berjenjang mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupatan, Provinsi dan Nasional.

Untuk dapat menyusun sebuah rencana tahunan yang baik dan operasional, maka aspek-aspek yang perlu dilakukan menurut Bintoro (1976) paling kurang adalah sebagai berikut:

  1. Review yaitu tinjauan dan evaluasi terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan program dan proyek pada tahun sebelumnya berikut permasalahan dan kendala yang dihadapi.
  2. Forecast, yaitu melakukan perkiraan (proyeksi) tentang perkembangan kondisi tahun depan yang akan dilalui oleh rencana tersebut.
  3. Resource Assessment yaitu penilayan terhadap ketersediaan dan kecukupan sumberdaya yang dimiliki daerah bersangakutan khususnya menyangkut dengan dana pembangunan, jumlah dan kualitas tenaga kerja serta aperatur daerah dan sumber daya alam yang dimiliki.
  4. Policy Formulation yaitu perumusan kebijakan pembangunan daerah untuk tahun bersangkutan setelah memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun berjalan, peramalan kondisi social budaya dan penilaian terhadap sumber daya yang tersedia.
  5. Programming and Activity Planing yaitu penyusunan program dan kegiatan pembangunan yang akan dilakukan pada tahun bersangkutan yang direncanakan secara rinci lengkap dengan indicator dan target kinerjanya serta bagian atau unit yang akan melaksanakan dan bertanggung jawab.

Sampai saat ini operator OPD termasuk kecamatan terbukti sukses menerapkan Aplikasi Perencanaan dimulai dari e-Musrenbang dan e-Planning, sehingga memudahkan kami Bappeda Kabupaten Pamekasan untuk mempercepat penyusunan RKPD Kabupaten Pamekasan Tahun 2018.

Terima kasih, semoga apa yang sudah kita kerjakan menjadi nilai ibadah dan bisa di pertanggung jawabkan di kemudian hari.

Unidha
© 2017 Bappeda Kabupaten Pamekasan Bappeda Kabupaten Pamekasan : Facebook Twitter Linked Youtube